Thursday, August 16, 2012

Ombak Mencapai 3 Meter Di Bira Bulukumba

News Tulungagung -Ada kejadian yang sangat menakutkan yaitu ketinggian ombak di perairan Bira Bulukumba Kepulauan Selayar. Ombak yang mencapai tiga meter itu membuat nakhoda kapal harus lebih hati-hati dalam berlayar khususnya arus mudik tahun ini.
Kepala Syahbandar Bulukumba Muhammad Aspar telah mengungkapkan, bahwa hampir tiap waktu yang mengeluarkan himbauan kepada nakhoda kapal agar memperhatikan kondisi cuaca  sebelum berlayar.

"Kalau memang meragukan sebaiknya kita  jangan berlayar, kita akan lebih mengutamakan keselamatan penumpang," ungkap Aspar, Kamis (16/8/2012).

Walaupun ketinggian ombak itu sudah mencapai tiga meter, menurut dia, pihaknya tidak bisa melarang supaya penyeberangan tidak dihentikan sementara waktu. Alasanya, disampin kondisi cuaca yang masih normal untuk ukuran kapal Bira-Selayar juga, adalah hak pemiliknya. Hanya saja, jika kondisi ombak yang sudah tidak memungkinkan dilalui harus dihentikan secara paksa.

"Ketinggian ombak tiga meter yang sebenarnya masih normal. Kecuali diatas tiga meter  itu sudah membahayakan bagi penumpang dan baru dihentikan secara paksa," ujar dia.
Sementara itu, Staf Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Bulukumba di Pelabuhan Bira Andi Abidin telah menyebutkan, bahwa hingga saat ini, jumlah penumpang yang sudah mulai meningkat sekitar 25% dibanding hari hari sebelumnya. Hanya, pada puncak arus mudik Bira-Selayar diprediksi akan terjadi pada H-2 hingga 85%.
 
Kepala Dishubkominfo Bulukumba Rosali Andi Liong mengaku, pihaknya telah menyampaikan kepada kepala Pelabuhan agar sudah menyiapkan Kapal Fery dengan sebaik baiknya . Dia juga sudah menyarankan supaya lebih memperhatikan kondisi cuaca yang karena sewaktu-waktu bisa naik ketinggian ombak.
 
“Kalau memang cuacanya buruk dan bisa membayakan penumpangnya jangan berlayar,” ujar dia.

0 komentar:

Post a Comment