Thursday, August 16, 2012

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1433 H Hari Minggu


News Tulungagung - Pimpinan Pusat Muhammadiyah akhirnya sudah menetapkan 1 Syawal 1433 hijriyah, akan jatuh pada hari Minggu (19/8/2012). Keputusan ini sudah berdasarkan hasil hisab wujudul hilal yang akan dilakukan majelis tarjih dan tajdid. "Ijtimak menjelang Syawal 1433 hijriah terjadi pada Jumat (17/8/2012) pukul 22.55 WIB.

Karena tinggi bulan pada saatnya terbenam matahari di Yogyakarta dan di seluruh wilayah Indonesia dan pada saat matahari terbenam, bulan itu akan berada di bawah ufuk," kata Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Agung Danarto, pada hari Jumat (10/8/2012) di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

"Karna itu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menginstruksikan kepada seluruh warga Muhammadiyah, untuk menunaikan shalat Idul Fitri 1433 Hijriyah pada hari itu dan tanggal itu," tambahnya.
Bertepatan dengan 1 Syawal 1433 Hijriyah, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga sudah menyerukan ajakan moral yang kepada umat Islam, agar memperkokoh silaturahmi, ukhuwah, dan usaha-usaha kolektif untuk meningkatkan kualitas hidup dan ketaqwaan.

Umat Islam akan diajak untuk menjadi teladan dan yang berada di barisan paling depan, dalam dinamika kehidupan bangsa Indonesia.
"Kepada para tokoh umat dan pembawa misi dakwah, yang kami akn mengajak untuk semakin mengoptimalkan bimbingan, dan arahan  pelajaran yang kami cerahkan. Sebaliknya, mereka juga harus akan menghindarkan umat dari hal-hal yang bersifat pendangkalan dalam penanaman keyakinan, pemahaman, dan amal Islam," katanya.

Muhammadiyah juga mengajak seluruh umat yang beragama untuk meningkatkan ikatan persaudaraan, toleransi, perdamaian, dan kerjasama konstruktif sebagaimana pesan luhur yang setiap agama. Konflik-konflik yang mengatas namakan sentimen keagamaan yang harus dihindarkan.

0 komentar:

Post a Comment