Wednesday, August 8, 2012

Tulungagung Akan Raih Gelar Adiputra Lagi

News Tulungagung - Raih Gelar Adipura Lagi - Kabupaten Tulungagung bersama Kota Surabaya raih penghargaan Adipura Kencana 2012 yang diserahkan bertepatan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 oleh Kementerian Lingkungan Hidup di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (5/6).
“Adipura Kencana akan diberikan pada kota pemenang adipura tahun sebelumnya yang pada tahun ini mampu meningkatkan nilai dari yang sebelumnya,”jelas Deputi IV Bidang Penglolaan Bahan Berbahaya dan Beracun KLH, Masnellyarti.
Pada acara yang sama akan dilangsungkan pula memberikan penghargaan Adipura, Kalpataru, Dengan status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik dan Adiwiyata. Sebanyak 125 kota dianugerahi Anugerah Adipura.
Selain itu, Kota Bekasi dan Kota Bandar Lampung yang diumumkan sebagai kota yang terkotor di Indonesia. “Pengumuman kota yang terkotor akan memicu kota tersebut untuk memperbaiki kualitas lingkungan. Seperti Palembang dan Tengerang yang tahun ini mendapat Anugerah Adipura," ujar Meneg LH Balthasar Kambuaya.
Adapun penghargaan Kalpataru tahun ini yang diberikan pada 12 orang pejuang lingkungan dan Adiwiyata Mandiri pada 67 sekolah di seluruh Indonesia. “Penghargaan Adiwiyata bekerjasama dengan  Kemendikbud," ucap Sudirman, Asisten Deputi IV KLH sekaligus Ketua Pelaksanan Penilaian Adiwiyata.
Selain itu, untuk mendorong motivasi pemda dalam menyusun Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD), KLH juga menobatkan provinsi dan kota/kabupaten akan sebagai penyusun SLHD yang terbaik. DKI Jakarta, Sumatra Barat dan Jawa Timur merupakan penyusun SLHD yang terbaik kategori provinsi. Kota Padang, Kabupaten Padang, dan Kabupaten Majene merupakan penyusun SLHD yang terbaik untuk kategori kota/kabupaten.
Dihubungi di hari yang sama, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Abetnego Tarigan berpendapat penghargaan Kalpataru sangat positif untuk memotivasi masyarakat untuk melindungi lingkungannya. Hanya saja, pemerintah harus lebih memperhatikan mereka ke depannya, bukan hanya sekadar memerikan penghargaan."Maksudnya, apa yang dilakukan pemerintah untuk mendukung pejuang lingkungan tersebut akan ke depannya," jelasnya.

0 komentar:

Post a Comment